HMI Untuk Rakyat : Membangun Desa, Membangun Bangsa
sumber : ariefrosyid.id

HMI Untuk Rakyat : Membangun Desa, Membangun Bangsa

HMI, melalui buku ini, menangkap ide besar dari UU Desa tersebut. Dengan kekuatan jejaring dan kredibilitas organisasinya, HMI menawarkan apa yang disebut sebagai kompatibilitas struktur sosial. Dalam hal ini yaitu menyesuaikan struktur organisasi HMI di daerah baik itu Komisariat, Cabang atau Badko, dengan struktur organisasi desa/kelurahan milik pemerintah.

HMI Untuk Rakyat : Membangun Desa, Membangun Bangsa
sumber : ariefrosyid.id

Hal tersebut dalam demokrasi modern merupakan langkah yang sesuai di mana peran negara (government) tidak bisa mutlak berjalan sendiri karena ada peran civil society yang merupakan suatu keniscayaan sebuah masyarakat demokrasi.

Hal ini juga sesuai dengan nilai yang terkandung pada Pancasila yaitu “GotongRoyong”, antara pemerintah dengan masyarakatnya. Dengan kemasan bernama “Pondok Berhimpun”, HMI menawarkan pilihan cerdas sebagai sebuah langkah optimalisasi dari penerapan UU Desa yaitu turut mengawal pelaksanaan pemerintahan desa sekaligus juga memberikan pelatihan melalui share kompetensi dalam berbagai bidang keahlian kepada masyarakat dalam rangka produktivitas.

Ditambah dengan penerapan prinsip program “Pondok berhimpun” yaitu Terbuka artinya non-diskriminasi. Menyeluruh artinya melihat desa secara keseluruhan mulai dari SDM hingga SDA serta lingkungan di antaranya. Saling Ketergantungan artinya membina hubungan dengan pihak lain dalam lingkungan sosial (eksekutif, legislatif, pers, civil society, yudikatif, lembaga pendidikan, lembaga, suprastruktur dll.). Keberlanjutan artinya program dimaksudkan untuk membangun desa dengan tahapantahapan yang terus dilakukan. Dan Strategis artinya mengkaji hal-hal yang bersifat kekinian dan mendesak bagi kehidupan masyarakat di desa yang menunjang keefektifan dan keefisienan.

Melalui UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, strategi pembangunan nasional sudah ditetapkan. Melalui desa, pembangunan akan dimulai sebagai sebuah jawaban atas belum adil dan belum meratanya kesejahteraan selama ini. Pemerintahan Desa, seperti yang disebutkan dalam UU tersebut, merupakan infrastruktur kelembagaan yang menjadi kendaraan bagi masyarakat di desa untuk mengembangkan potensi SDM dan SDA yang dimilikinya, selengkapnya di Buku Membangun Desa, Membangun Bangsa, karya Kanda Arief Rosyid (Mantan Ketua Umum PB HMI). silahkan unduh  klik DISINI 

Sumber buku : ariefrosyid.id

 

admin
Insan Desa | Media Edukasi dan Informasi Seputar Desa, adalah sebuah situs yang dikelola sebagai Media penyebaran informasi dan ruang referensi tentang Tata Kelola Desa, Pendampingan Desa, dan informasi berkenaan dengan Implementasi UUDesa